PRODUK KERAJINAN

PRODUK KERAJINAN adalah hal yang berkaitan dengan buatan tangan atau kegiatan yang berkaitan dengan barang yang dihasilkan melalui keterampilan tangan (kerajinan tangan). Kerajinan yang dibuat biasanya terbuat dari berbagai bahan.
Fungsi   produk   kerajinan   dapat   dibedakan   menjadi   dua,   yaitu fungsi  karya  kerajinan  sebagai  benda  pakai  dan  fungsi  karya kerajinan sebagai benda hias. Karya  kerajinan  sebagai  benda  pakai  meliputi  segala  bentuk kerajinan yang digunakan sebagai alat, wadah, atau dikenakan sebagai pelengkap busana.K arya  kerajinan  sebagai  benda  hias  meliputi  segala  bentuk kerajinan   yang   dibuat   dengan   tujuan   untuk   dipajang   atau digunakan  sebagai  hiasan  atau  elemen  estetis.
Hasil gambar untuk gambar kerajinan tanganMotif Ragam Hias pada Produk Kerajinan dari Bahan Lunak Indonesia sangat kaya dengan keragaman produk kerajinan dengan berbagai macam ragam hias yang tersebar diseluruh tanah air. Ragam hias Nusantara pada umumnya memiliki muatan nilai tradisi dengan kekhasan dan keragamannya masing-masing. Di samping perbedaan-perbedaan terdapat pula persamaanpersamaannya, misalnya jenis, bentuk, motif hias, pola susunan, pewarnaan, bahkan nilai 





Produk Kerajinan dariBahan Lunak Alami

Bahan lunak alami merupakan bahan pembuat produk kerajinan dari bahan lunak yang berasal dari alam. Namun untuk mengolahnya juga menggunakan produk alami tanpa campuran atau perpaduan bahan lain yang terbuat dari buatan. Produk yang dibuatpun juga beragam jenisnya, baik untuk memenuhi kebutuhan pakai maupun hanya sekedar untuk hiasan saja. Jenis jenis bahan lunak alami juga beragam seperti kulit, serat alami, maupun tanah liat. Dibawah ini terdapat penjelasan mengenai masing masing bahan lunak alami tersebut :

Bahan Lunak Tanah Liat
Bahan lunak alami ini memiliki tekstur yang sangat lunak serta dapat kita jumpai disekitar kita. Tidak semua jenis tanah dapat dijadikan produk kerajinan. Jenis bahan kerajinan yang dapat digunakan hanyalah jenis tanah liat atau tanah merah karena warnanya yang sedikit merah. Biasanya produk kerajian dari bahan lunak yang dibuat dari tanah liat ini berupa kerajinan keramik. Namun untuk mendapatkan kerajinan keramik tersebut memerlukan proses yang sangat panjang. Prosesnya meliputi di butsir, dipijit, pilin, glasir maupun proses pembakaran.

Gerabah Sebagai Contoh Produk Kerajinan dari Tanah Liat
Gerabah Sebagai Contoh Produk Kerajinan dari Tanah Liat


Bahan Lunak Serat Alam
Bahan lunak alami yang satu ini juga diambil dari sumber daya alam yang terdapat disekitar kita. Serat alam ini dapat kita jumpai dihutan hutan tropis yang ada di Indonesia. Berbeda dengan jenis bahan tanah liat yang memerlukan beberapa proses pembuatan. Produk kerajian dari bahan lunak ini memerlukan ketelitian dan ketelatenan karena prosesnya dianyam satu persatu.

Contoh Kerajinan Bahan Lunak Serat Alami
Contoh Keranjang dari Bahan Sabut Kelapa
Contoh Umum produk kerajinan dari serat alam adalah tas anyaman, tikar, dan lain sebagainya yang umumnya bersalah dari serat tumbuhan yang selanjutnya dianyam menjadi tas, vas bunga, hiasan dinding dan lain sebagainya.

Bahan Lunak Kulit
Bahan lunak alami selanjutnya memanfaatkan bahan kulit dalam membuat sebuah kerajinan. Biasanya produk kerajinan dari bahan lunak ini banyak sekali diminati oleh masyarakat luas. Bahan baku kulit ini juga beragam seperti kulit mentah, kulit sintetis maupun kulit yang sudah disamak.

Produk Kerajinan dari Bahan Lunak Kulit
Tas Kulit Sebagai Produk Kerajinan dari Bahan Lunak
Umumnya kita dengan mudah dapat menemukan produk kerajinan dari kulit pada pakaian seperti jaket kulit, sepatu, tas dan lain sebagainya. Produk kerajinan yang terbuat dari bahan ini biasanya juga memiliki nilai ekonomi yang tinggi karena bahan yang susah untuk didapat.

Bahan Lunak Buatan

Bahan lunak buatan adalah jenis bahan yang digunakan dalam pembuatan kerajinan namun pengolahannya harus melalui proses pelunakan. Produk kerajinan dari bahan lunak ini biasanya menggunakan kertas yang dibuat menjadi bubur, gips, lilin, spons, fiberglass, sabun, dan masih banyak lagi. Dibawah ini terdapat penjelasan mengenai masing masing bahan lunak buatan:

Bahan Lunak Buatan dari Gips
Gips adalah bahan lunak buatan yang memiliki tipe mineral karena tidak dapat larut oleh air. Bentuknya yang padat walaupun dicelupkan kedalam air dalam waktu yang lama maka sifat padatnya tidak akan berubah. Bahan ini terdiri dari mineral karbonat, nitrat, borat, sulfat maupun zat hidrat kalsium sulfat. Produk kerajinan dari bahan lunak buatan ini memerlukan cetakan agar terbentuk dengan baik. Bahan pembuatnya juga beragam seperti silicone rubber dan plastisin. Jenis bahan lunak berupa plastisin merupakan jenis bahan yang mudah dicari.

Bahan Lunak Buatan dari Lilin
Bahan lunak selanjutnya ialah jenis lilin. Produk kerajinan dari bahan lunak ini melalui proses pencairan dengan api yang besar. Untuk pembentukannnya cukup dicetak sesuai keinginan karena sangat mudah dan sederhana saat diproses.

Produk Kerajinan dari Lilin
Produk Kerajinan dari Lilin
Produk yang dihasilkan dari bahan lunak seperti lilin diatas umumnya sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan pesta pernikahan, hiasan rumah maupun restoran dan lain sebagainya karena dinilai memiliki nilai artistik yang tinggi dan harga yang ekonomis.

Bahan Lunak Buatan dari Sabun
Selain digunakan untuk mandi, sabun juga dapat digunakan sebagai bahan lunak untuk membuat produk kerajinan. Umumnya produk kerajinan dari sabun adalah seperti ukiran berbentuk hewan, tumbuhan, bunga, dan lain sebagainya tergantung pada angan angan seniman yang membuatnya.

Contoh produk kerajinan dari bahan lunak
Ukiran Ikan dari Bahan Sabun
Produk kerajinan dari bahan lunak yang satu ini tergolong unik sehingga memiliki nilai artistik yang tinggi. Pembuatannya juga cukup sederhana yaitu dengan cara mengukirnya menjadi bentuk yang berbeda maupun memarutnya kemudian mencairkannya.

Post a Comment

0 Comments